Seni Tradisi Ditengah-tengah Masyarakat Indonesia


Seni Tradisi Ditengah-tengah Masyarakat Indonesia


            Pengertian SeniDefinisi Seni Jika ditinjau dari berbagai sudut pandang, seni memiliki banyak makna, salah satu nya yaitu “Seni merupakan pengekspresian cita rasa yang diluapkan dalam satu karya yang dapat dikatakan unik”. Untuk lebih lanjut memahami tentang Definisi Seni, berikut ini akan di bahas Pengertian Seni, Cabang-cabang seni serta macam-macamnya. Seni merupakan sinonim dari ilmu, karna seni pada mulanya adalah proses dari manusia Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam inti sari ekspresi dari kreatifitas manusia. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntun nya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masalalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta). Dalam buku filsafat seni yang ditulis oleh Jakob Soemardjo tahun 2000 menyimpulkan bahwa seni sebagai objek atau benda yang memiliki enam pandangan tentang apa yang seharusnya diwujudkan dalam benda seni. Pertama, seni itu representasi sikap ilmiah atas kenyataan alam dan kenyataan social. Kedua, seni adalah representasi karakteristik general dari alam dan emosi manusia umumnya. Ketiga, seni adalah representasi karakteristik general dalam alam dan manusia yang dilihat secara objektif oleh senimannya. Keempat, seni adalah representasi bentuk ideal yang melekat pada alam kenyataan dan alam pikiran seniman. Kelima, seni adalah representasi bentuk ideal yang transcendental. Kelima, seni adalah representasi dunia seni itu sendiri (seni demi seni).
            Tradisi (Bahasa Latin: traditio, "diteruskan") atau kebiasaan, dalam pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu Negara, kebudayaan,waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi kegenerasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.
            Pada kamus online pengertian tradisi merupakan adat kebiasaan turun-temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan di masyarakat; Jadi pengertian seni tradisi adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu.Tradisional adalah aksi dan tingkah laku yang keluar alamiah karena kebutuhan dari nenek moyang yang terdahulu.Tradisi adalah bagian dari tradisional namun bisa musnah karena ketida mauan masyarakat untuk mengikuti tradisi tersebut.

Bentuk dan Proses Perubahan

Telah dijelaskan pada pembahasan pengertian, bahwa definisi seni tradisi merupakan unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu, namun seni tradisi bisa musnah karena ketidakmauan masyarakat untuk mengikuti tradisi tersebut. Pada hakekatnya perubahan tersebut mengalami sebuah proses akulturasi budaya yang mana adanya pengaruh modernisasi yang berujung pada fenomena kapitalis. Proses tersebut mengalami adptasi yang panjang hingga mengalami perubahan bentuk kesenian tersebut. Berbagai bentuk proses ini merujuk pada sebuah perubahan nilai didalamnya, sehingga secara esensi memiliki tujuan yang berbeda disana.
Kini di masyarakat Negara kita sudah menjadi masyarakat yang majemuk, kompleks, dan universal sehingga kita sudah tidak dapat membedakan mana budaya local suatu daerah dengan daerah lain. Mana masyarakat desa, mana masyarakat kota. Bila kita lihat sekarang malah berbanding terbalik dan terkesan paradox, ketika masyarakat desa berpakaian seperti masyarakat desa, begitu pun sebaliknya. Hal ini pun terjadi pada kesenian tradisi yang berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk dan lebih parahnya lagi masyarakt Indonesia yang sudah menganut faham kapitalis.
Kita lihat berbagai fenomena keberadaan seni tradisi di Negara kita, lebih khususnya lagi seni tradisi Sunda. Kini banyak yang beralih fungsi dan keberadaannya. Penulis memiliki hipotesa, bahwa perubahan bentuk dan fungsi kesenian tradisi kita merupakan salah satu akibat dari era posmodernisme seperti sekarang ini. Sementara itu, dunia akademis dihadapkan pada kegalauan epistemology, yaitu kegalauan tentang teori yang mampu menjelaskan cakupan, metode, dan keabsahan pengetahuan yang digunakan.
Kesenian tradisi di tengah-tengah masyarakat yang kompleks sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan kesenian tradisi tersebut. Seperti halnya di masyarakat perkotaan yang secara umum terdiri dari berbagai berbagai kalangan masyarakat. Dengan demikian disana terdapat multi etnis, multi disiplin ilmu, multi kultur yang menyebabkan kehidupan kesenian tradisi terakulturasi dan menyesuaikan dengan kekomplekan paradigma masyarakat tersebut. Berbeda dengan kesenian tradisi yang ada di kalangan masyarakat desa dan memang kesenian tersebut berada pada habitatnya.  Mereka akan tetap memegang nilai-nilai tradisi yang mereka anggap sebagai warisan budaya dari leluhurnya.
Sementara itu, bagaimana dengan keadaan kesenian tradisi ditengah-tengah masyarakat modern ini? Apakah mereka harus menyesuaikan diri dengan parafigma yang serba kompleks tadi? Atau kah harus tetap pada pendirian yang statis seperti halnya berada di habitat kesenian tersebut? Pertanyaan tersebut memang terkesan paradok, di satu sisi kesenian tradisi di tuntut untuk terus menjaga keaslian dan ketradisiannya, namun disisi lain juga harus mengeikuti perkembangan zaman demi kelangsungan eksistensi kesenian tersebut.
Menilik posisi seniaman sebagai manusia yang ‘bebas nilai’, sudah sepantasnya seniman peduli terhadap konteks nilai yang melahirkan seni tradisi tersebut. Dari sana kita dapat bekerja untuk menyempurnakan dunia seni masa lampau tersebut. Seniman tidak seharusnya melakukan signifikasi. atau menafsirkan benda seni tradisi berdasarkan tata nilainya sendiri sekarang ini, atau ditafsirkan berdasarkan konteks nilai kita sendiri. Dunia seni adalah dunia penyempurnaan, dunia tata nilai ideal yang baru yang ‘menyelesaikan’ kenyataan tata nilai yang dikandung dalam seni tradisi.
Seni tradisi kita biasanya masih hidup segar di masyarakat pedesaan dan perkauman etnik. Masyarakat ini punya konteks tata nilai sendiri yang berbeda dengn konteks tata nilai masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan pun terbagi-bagi lagi dalam beberapa sub-konteks tata nilai. Jelas bahwa seni tradisi yang masih hidup segar dalam kontek ideology masyarakat pedesaan harus didekati secara objektif berdasarkan tata nilai mereka.
Seni tradisi yang hidup di desa masih membawa bentuk aslinya sebagian atau keseluruhan, tergantung pada terpencil tidaknya masyarakat desa tersebut dari masyarakat kota, dan juga apakah mereka menerima estetika asing yang diserap dikota? Konteks tata nilai seni tradisional yang masih segar hidup di pedesaan harus dilihat berdasarkan sejarah perubahannya, akibat pengaruh budaya kota. Pemahaman konteks tata nilai seni tradisional ini berguna untuk melihat secara objektif latar social (konteks budaya) setiap karya seni tradisional.
Dengan demikian, kita dapat melihatnya kembali agar kita dapat menawarkan tata nilai baru yang lebih sempurna, lebih baik daripada kenyataannya di masyarakat desa sekarang. Kesenian tradisi pun tidak seharusnya bergerak statis mengikuti tatanan ketabuan tradisinya. Namun seharusnya bias lebih luwes seiring perkembangan zaman dengan tidak meninggalakan nilai-nilai estetis dan nilai-nilai fungsional ketradisiannya sebagai warisan budaya leluhur.


4 comments for "Seni Tradisi Ditengah-tengah Masyarakat Indonesia"

Kunjungi Juga :
FB. wisnu.natural
WA. 087722452802
IG. @wisnuwirandi