ANTROPOLOGI SOSIOLOGI-DARI ANTROPOLOGI BUDAYA SAMPAI ANTROPOLOGI PARIWISATA


BAGIAN 1
PRAWACANA
Sebagai mana umumnya Ketika sebuah ilmu pengetahuan dicatatkan Kembali, perlu dilakukan prawacana untuk memberikan gambaran-gambaran singkat atau kilasan-kilasan (flashing) dalam ranah antropologi sosiologi yang akan disajikan.
Antopologi berasal dari kata Yunani, yakni Anthropos yang berarti manusia atau orang yang berakal. Antropologi mempelajari manusia sebagai mahluk biologis sekaligus mahluk social.
Antropologi memiliki dua sisi holistic dimana meneliti manusia pada tiap waktu dan tiap dimensi keamanusiaannya. Arus utama inilah yang secara tradisional memisahkan antropologi dari disipilin ilmu kemanusiaan lainnya yang menekankan pada perbandingan / perbedaan budaya antar manusia. Walaupun begitu sisi ini banyak diperdebatkan dan menjadi kontroversi sehingga metodi antropologi sekarang seringkali dilakukan pada pemsatan penelitian pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal.
·         Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha Menyusun generalisasi yang bermanfaattentang manusia dan prilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia. (William A Havilland).
·         Antropologi adalah ilmu yang lahir dari keingintahuan yang tidak terbatas tentang umat manusia. (David Hunter).
·         Antropologi adalah ilmu yang mempelajariumat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan. (Koentrjaraningrat).
Dari definisi-definisi tersebut, dapat disusun pengertian secara antropologi, yaitu sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala aspek dari manusia yang terdiri dari aspek fisik dan non fisik berpa warna kulit, bentuk rambut, bentuk mata, kebudayaan, politik, dan berbagai pengetahuan tentang corak kehidupan lainnya yang bermanfaat.

Secara garis besar antropologi memiliki cabang-cabang ilmu yang terdiri:
A.      Antropologi Fisik
1.      Paleoantropologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil
2.      Somatology adalah ilmu yang mempelajari keragaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik

B.      Antropologi Sosial dan Budaya
1.      Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan semua kebudayaan manusia di bumi sebelum manusia mengenal tulisan.
2.      Etnolinguistik Antropololgi adalah ilmu yang mempelajari pelukisan tentang ciri dan tata Bahasa dan berates-ratus Bahasa suku-suku bangsa yang ada di dunia/bumi.
3.      Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia
4.      Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.

·         Gambaran ranah-ranah Antopologi Sosiologi
Penggambaran-penggambaran singkat yang dimaksud adalah Maping atau pemetaan dari ranah-ranah studi antropologi sosiologi yang diperkenalkan pada tulisan ini antara lain:
1.      Antropologi Budaya (Cultural Anthropology)
Merupakan cabang antropologi yang mempelajari hasil daya cipta, karya dan karsa manusia seperti yang terkandung dalam kebudayaan. (Dagun, 2005:58)

2.      Antropologi Seni (Anthropology of Art)
Merupakan cabang antropologi yang memfokuskan diri mempelajari seni dari mashyarakat pra tulisan dan juga tradisi-tradisi artistic yang dimiliki budaya rakyat atau minoritas etnik termasuk seni plastis dan grafis dibandingkan seni pertunjukan, bahkan seringkali mempelajari dalam ritual. (Smith, 1993:16)

3.      Antropologi Pertunjukan (Anthropology of Performance)
Merupakan cabang antropologi yang memfokuskan diri mempelajari pertunjukan dengan segala dimensi, baik dimensi manusianya maupun dimensi kreativitasnya di dalam kehidupan sehari-hari maupun peristiwa budaya tertentu.

4.      Antropologi Psikologi (Psychological Anthropology)
Adalah subdisiplin ilmu antropologiyang sebenarnya nama baru dari ilmu yang dahulu dikenal sebagai Culture and Personality (Kebudayaan dan Kepribadian) atau kadang juga disebut Ethno-Psycology (Psikology Suku Bangsa) (Danandjaja, 1988:1).

5.      Antropologi Perkotaan atau antropologi urban
Adalah subdisiplin ilmu antropologi yang mempelajari secara holistic yang melihat kota sebagai suatu entitas atau suatu bentuk sosio kultural yang khas. Focus perhatiannya terhadap permasalahan yang terdapat dalam komunitas perkotaan yang modern dan kompleks, dan dikategorikan sebagai studi terapan (S Menno, 1992:8-10).

6.      Antropologi Pariwisata atau Antropologi Turisme
Adalah subdisiplin ilmu antropologi yang mempelajari secara holistic yang melihat pariwisata sebagai suatu entitas atau sebagai suatu bentuk sosio kultural yang khas.




Post a Comment for "ANTROPOLOGI SOSIOLOGI-DARI ANTROPOLOGI BUDAYA SAMPAI ANTROPOLOGI PARIWISATA"