MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) VIRTUAL SMAN 1 CIBEBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021 DIMASA PANDEMI


MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) SMAN 1 CIBEBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021 DIMASA PANDEMI

Setelah melalui serangkaian kegiatan proses belajar tahun pelajaran 2019/2020, maka para siswa harus memulai kegiatan belajar pada tahun ajaran baru 2020/20201. Diawal proses pemebelajaran, para siswa akan dihadapkan pada kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yang selanjutnya perlu adanya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Namun sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa pelaksanaan kegiatan belajar dimasa pandemi ini, terlalu beresiko jika harus bertatap muka. Terkesan paradoks memang, di sisi lain para siswa baru baik itu tingkat SD, SMP, SMA membutuhkan bimbingan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini biasanya diisi dengan sosialisasi nilai-nilai sosial, tata tertib sekolah dan beberapa pengenalan tentang sekolah itu sendiri. Harapannya, siswa-siswi baru ini akan lebih terbiasa di lingkungan yang baru. Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bertujuan untuk melatih kekompakan, kedisiplinan dan kreatifitas dalam keseharian para siswa-siswi baru tersebut.
Dimasa pandemi ini, SMAN 1 Cibeber berinisiatif akan melakukan MPLS secara virtual. Artinya, pelaksanaan MPLS ini dilaksanakan secara online atau DARING (dalam Jaringan). Pada prosesnya, siswa baru yang tergabung dalam grup WA akan diberikan link salah satu chanel youtube live streaming. Seluruh rangkaian materi MPLS yang berkaitan dengan SMAN 1 Cibeber akan ditayangkan secara live streaming pada chanel youtube. Terasa kaku memang, namun ini lah salah satu cara SMAN 1 Cibeber mengatasi kegiatan yang penting untuk dilakukan. 
Materi-Materi yang akan disampaikan pada MPLS nanti yaitu:
1. Wawasan Wiyata Mandala
2. Pengenalan Kurikulum Sekolah, dan Peraturan Akademik
3. Pengenalan Tata Krama dan Tata Tertib  SMAN 1 Cibeber
4. Pengenalan Lingkungan Sekolah
5. Pengenalan  Guru, TU,  Komite Sekolah dan Mars SMAN 1 Cibeber
6. Belajar Efektif Secara Virtual Masa Pandemi
7. Pengenalan Literasi, gaya belajar, dan cara belajar di Perpustakaan
8. Kesadaran berbangsa dan bernegara
9.DAPODIK SMAN 1 CIBEBER
10. Pengenalan Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler di SMAN 1 Cibeber

Beberapa materi tersebut disampaikan oleh pemateri yang berbeda dengan cara live streaming. Semoga kegiatan ini terlaksana dengan baik, meskipun harus merubah proses namun tidak merubah esensi. 
Semoga tulisan ini bermanfaat, dapat menginspirasi sekolah lain yang belum terfikirkan untuk melakukan MPLS yang dalam hal ini dirasa sangat penting. 
Terimakasih, Salam Literasi, salam lestari.

Penulis: Wisnu Wirandi


>>>Berikut beberapa materi umum MPLS untuk bahan bacaan:

Post a Comment for "MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) VIRTUAL SMAN 1 CIBEBER TAHUN PELAJARAN 2020-2021 DIMASA PANDEMI"