MODUL PPG MATERI PENGUATAN INTEGRITAS TAHUN 2021 (KEGIATAN BELAJAR / KB 1)

MODUL PPG MATERI PENGUATAN INTEGRITAS TAHUN 2021



Integritas merupakan atribut terpenting yang harus dimiliki seorang guru. Apapun posisinya di sekolah, apakah ia seorang guru kelas, guru mata pelajaran atau konselor, sikap dasar yang harus dimiliki dan ditampilkan adalah integritas. Inilah sumber kebahagiaan seorang guru. Pada bagian ini, mahasiswa akan diajak untuk menyelami hakikat guru yang selayaknya berintegritas. Seperti apa sosok guru berintegritas. Hal ini perlu digali, disadari dan diyakini oleh masing-masing individu. Karena integritas sangat erat kaitannya dengan hakikat manusia dan keyakinan yang dianutnya. 

Melalui kegiatan pembelajaran mandiri ini, diharapkan setiap mahasiswa memiliki keyakinan yang kuat bahwa profesi guru bukan hanya mengajarkan pengetahuan, tetapi menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat. Keyakinan pribadi menjadi kunci dan daya dorong penerapan perilaku berintegritas secara konsisten. 

Tahapan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa pada bagian ini adalah: 1. Menemukan nilai pembentuk integritas pada setiap individu dan merumuskan potret diri guru berintegritas serta posisi dirinya saat ini; 2. Melakukan refleksi yang menunjukkan keyakinan, posisi dan peran guru berintegritas yang membawa perubahan; 3. Mendalami persoalan moralitas bangsa dan memosisikan dirinya sebagai bagian dari solusi; 4. Memahami dan mendalami landasan dan prinsip penguatan integritas bagi dirinya sendiri dan peserta didik, sebagai landasan dalam melakukan proses penguatan integritas di kelas dan sekolah.

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Inilah definisi guru dalam lembar-lembar peraturan. Pada modul ini, kita mengesampingkan dulu definisi itu, marilah kita menukik jauh ke dalam diri untuk merenungi hakikat guru.

Kata “guru” berasal dari bahasa Sansekerta. “GU” berarti gelap, dan “RU” berarti membawa terang atau mengusir kegelapan. Berarti, secara maknawi, Guru adalah orang yang senantiasa memerangi kegelapan dan membawa terang. Semakin gelap suasana di sekitarnya, semakin bermakna kehadirannya. Jika seorang guru memilih bertahan dalam suasana yang sudah terang, maka lama kelamaan eksistensinya menjadi hilang. Untuk itu, setelah selesai menerangi yang gelap, carilah situasi yang lebih gelap, karena di sanalah kehadiran anda ditunggu dan memberi makna. 

Bagi seorang guru, sumber belajar utama adalah persoalan-persoalan yang muncul dari peserta didik. Respon yang ditunjukkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran, ada yang taat, terpaksa, melawan, bandel, atau menunjukkan reaksi yang tidak kita inginkan, semua itu adalah sumber belajar bagi guru untuk menemukan cara-cara efektif mengembangkan potensi diri anak.

Lebih lengkapnya, silahkan lihat file PDF di bawah ini:

  

Post a Comment for "MODUL PPG MATERI PENGUATAN INTEGRITAS TAHUN 2021 (KEGIATAN BELAJAR / KB 1)"