SITUS PUNDEN BERUNDAK CIBEDUG KAB.LEBAK PROVINSI BANTEN

 

Situs Lebak Cibedug yang terletak di Dusun Lebak Cibedug, Desa Citorek, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, merupakan situs prasejarah tinggalan budaya megalitikum berupa punden berundak enam teras dengan sejumlah altar dan menhir pada terasnya. Punden berundak ini mempunyai orientasi arah hadap timur – barat. Situs Lebak Cibedug terdiri atas tiga halaman yang semakin meninggi dari sisi timur ke arah barat.

Situs Megalitikum di kabupaten Lebak kampung Cibedug sendiri terdiri dari beberapa jenis bangunan berdasarkan bentuk bangunan secara keseluruhan, diantaranya yaitu terdiri dari punden berundak, sumuran, menhir, batu bergores, dan sebaran batu tukuh, dengan dikelilingi batas-batas situs. Dengan bangunan utamanya punden berundak, yaitu batu-batu yang disusun dan dibentuk serupa pyramid dengan memiliki sembilan teras berbentuk bujur sangkar.

Jalan masuk ke situs Lebak Cibedug melalui tangga yang terbuat dari susunn batu andesit dan bongkahan batu lempung yang terdiri dari 33 anak tangga. Pintu masuk situs berada di sebelah barat, bersisian langsung dengan aliran Kali Cibedug. Di tengah pintu masuk terdapat menhir berukuran besar. Komplek megalitik Lebak Cibeduk menunjukkan adanya perpaduan bentuk batur-batur punden yang disertai menhir, batu datar, dan batu kursi dengan punden berundak sebagai bagian yang paling sakral.

Komplek candi Cibedug menunjukkan adanya perpaduan bentuk batur-batur punden dengan menhir, batu datar, dan batu kursi di dalamnya. Punden berundak itu sendiri menjadi bagian yang paling sakral pada candi Cibedug ini. Sedangkan akses jalan menuju situs Cibedug, kita harus melalui tangga batu yang terbuat dari susunan batu andesit dan batu lempung. 



Dilihat dari struktur bangunan candi yang terdapat di dalam komplek situs Lebak Cibedug, menandakan bahwa pada zaman dahulu di tempat tersebut pernah hidup sekelompok masyarakat yang sudah maju pada peradaban saat itu. Mereka sudah mengenal cara beribadah, memiliki kemampuan arsitektur dan mampu membuat kode atau sandi berupa tulisan dibuktikan dengan adanya batu gores pada komplek candi tersebut.

Sedangkan jika dilihat dari rentang waktu yang sangat panjang, situs Cibedug memang susah untuk diketahui persis kapan waktu didirikannya. Akan tetapi kita masih bisa mempelajari struktur bangunannya yang masih ada sampai saat ini. Sangat sedikit memang informasi sejarah yang kita dapat dari masyarakat lokal, tetapi setidaknya kita tahu bahwa situs Cibedug merupakan bukti peradaban masa lalu yang sampai saat ini masih bisa kita pelajari dan dikunjungi.

Masyarakat kampung Cibedug sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani. Aktivitas keseharian mereka bekerja di sawah, sumber air yang melimpah menjadi pendukung utama masyarakat dalam bertani terutama dalam mengolah lahan sawah. Selain itu sebagai sampingan masyarakat Kampung Cibedug juga menyadap aren untuk dijadikan gula aren, dan hasilnya dijual baik di sekitar Citorek atau di jual ke kota. Di sekitar hutan yang berada di kampung Cibedug memang banyak tumbuh pohon aren secara alami.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke situs candi Cibedug, pastikan kondisi tubuh dan kendaraan fit. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan norma-norma setempat yang berlaku. Situs Lebak Cibedug tentu harus kita rawat dan jaga bersama sebagai situs sejarah yang berharga.

Kunjungi juga informasi lengkap pada chanel youtube: https://youtu.be/jbnK_Sx3ZuE




Post a Comment for "SITUS PUNDEN BERUNDAK CIBEDUG KAB.LEBAK PROVINSI BANTEN"