SITUS CIPUJANGGA KASEPUHAN CIBADAK DESA WARUNGBANTEN


SITUS CIPUJANGGA KASEPUHAN CIBADAK DESA WARUNGBANTEN 


Situs Cipujangga terletak di kampung Cibadak, desa Warungbanten kecamatan Cibeber kabupaten Lebak provinsi Banten. Terletak pada koordinat 06,49,39,2"Lintang Selatan, dan 106,19,32,8 Bujur Timur dengan ketinggian 500 mdpl. Kampung Cibadak juga merupakan kampung Kasepuhan. Situs Cipujangga terletak di area hutan larangan berupa sebuah bukit dengan luas sekitar 4 hektar. Di atas bukit ini banyak tumbuh pohon-pohon besar dengan nama setempat menyebut dengan nama pohon Kibangkong, pasang, kiara dan teureup. Situs Cipujangga merupakan makam raden Prabu Aria Bujangga atau dikenal Cibujangga sesuai nama parit yang terdapat di kaki parit. 

Adapun materi arkeologis yang ditemukan berupa lahan situs yang merupakan punden berundak terdiri atas 5 teras. teras teratas terdapat fitur susunan batu berbentuk segi empat (geometris) membujur arah tenggara-barat laut, berukuran 4, 30 m dan lebar 3,20 meter. dipermukaan fitur ini ditemukan adanya satu batu monolit berbentuk limas segi empat dengan ukuran sisi timur laut-barat laut 65 cm, sisi barat laut-barat daya 60 cm, sisi barat daya-tenggara 49 cm, dan sisi tenggara-timur laut 79 cm. Adapun permukaan batu bagian atas juga berbentuk segi empat dengan ukuran panjang sisi timur laut-barat laut 9 cm, sisi barat laut-barat daya 23 sm, sisi barat daya-tenggara 13 cm, dan sisi tenggara-timur laut 13 cm. Adapun tinggi limas 113 cm. 

Sekitar 175 cm ke barat daya limas terdapat batu datar berukuran panjang 158 cm, lebar 127 cm, dan tebal 15 cm. Demikian pula pada 177 cm ke arah timur terdapat sebuah batu berukuran panjang 86 cm, lebar 53 cm, dan tebal 13 cm. Sementara itu 3 meter ke arah barat laut juga terdapat batu berukuran panjang 113 cm, lebar 50 meter dan tebal 16 cm. Diperkirakan batu ini merupakan batas ujung barat laut fitur. Situs ini diduga dapat dikategorikan sebagai tinggalan tradisi Mega Litikum.

Post a Comment for "SITUS CIPUJANGGA KASEPUHAN CIBADAK DESA WARUNGBANTEN"