BELAJAR BERSAMA MAESTRO (BBM) 2021



Pendahuluan

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat luas dan beragam yang tersebar di berbagai wilayah Nusantara. Masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan yang dipengaruhi oleh tradisi masyarakat pendukungnya. Dengan melihat salah satu jenis bentuk kesenian, akan diketahui dari mana kesenian tersebut berasal. 

Belajar Bersama Maestro (BBM) 2021 adalah upaya strategis dalam rangka penguatan jati diri dan pembangunan karakter Bangsa. Kegiatan ini juga merupakan upaya yang tepat dalam rangka turut meningkatkan pembangunan bidang kebudayaan yang berbasis pada kearifan lokal. Pelaksanaan kegiatan  sejalan dengan upaya pemerintah untuk membangkitkan minat generasi muda terhadap kesenian lokal. Pengembangan konsep ini juga diharapkan dapat memkberikan pengetahuan kesenian dari seorang ahli di bidangnya yang akan lebih meresap dan tertanam dalam jiwa dan pikiran generasi muda, karena selain ilmu, kharisma dari sang ahli, ikut membuat generasi muda semakin menghargai dan serius dalam proses pembelajaran tersebut.

Bertolak dari pikiran tersebut di atas, Direktorat Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan melakukan kegiatan Belajar Bersama Maestro (BBM) tahun 2021. Kegiatan tersebut guna memberikan pembelajaran tentang kesenian kepada seniman muda langsung dari ahli/maestro yang berpengalaman.

kegiatna ini juga merupakan penjelasan kerjasama dan pemberdayaan peran serta masyarakat di bidang pembeinaan kesenian sebagai upaya untuk memajukan kebudayaan nasional melalui penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa yang dapat berujung kecintaan terhadap tanah air dan pengukungan program pemerintah dalam membangkitkan generasi emas Indonesia.

Tujuan

Tujuan dari Belajar Bersama Maestro (BBM) adalah meingkatkan kompetensi dari seniman muda di daerah melalui pembelajaran bersama para maestro kesenian di Indonesia. Diharapkan dari pembelajaran tersebut selain meningkatkan kompetensi kesenimanan dapat juga memberikan suplemen dalam penguatan jati diri dan pembangunan karakter bangsa.

lebih lanjut silahkan kunjungi laman: https://www.kemdikbud.go.id/ dan http://bbm.kemdikbud.go.id/

Post a Comment for "BELAJAR BERSAMA MAESTRO (BBM) 2021"