Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Budaya Paramadharma, dan Bintang Jasa bagi Indonesia




Sahabat Budaya, Presiden Joko Widodo baru saja memberikan tanda kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Budaya Paramadharma, dan Bintang Jasa kepada 355 penerima yang telah berjasa bagi Indonesia. Dua diantaranya adalah (alm) Rusdi Safi yang menerima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dan (alm) Raden Tumenggung Kusumokesowo yang menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Paramadharma.


Rusdi Safi merupakan sosok yang berjasa di bidang pendidikan sejarah di Nanggroe Aceh Darussalam. Selain aktif sebagai dosen di FKIP Universitas Syiah Kuala, beliau juga turut memperjuangkan terbentuknya lembaga kesejarahan di NAD, yaitu Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional di Banda Aceh. Hingga akhir hayatnya, Rusdi Sufi aktif mengelola Yayasan Peutjut.

Sedangkan RT Kusumokesowo dinobatkan oleh Presiden Joko Widodo atas karya-karyanya, antara lain koreografer tari dalam pertunjukan Retna Pamudyo, Saptoretno, hingga Panji dan Ngrenas (Moro). Beliau juga mengenalkan Indonesia lewat misi kesenian ke India dan Korea Selatan.

Post a Comment for "Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Budaya Paramadharma, dan Bintang Jasa bagi Indonesia"