BANTEN MASA AWAL- TINGGALAN TRADISI MEGALITIK (SITUS PURBA PARIGI LEBAK BINONG)

 SITUS PURBA PARIGI LEBAK BINONG

No. Inventarisasi BPCB Banten: 003.01.03.01.94


Lokasi: Kampung Lebak Binong, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Situs Purba Parigi Lebak Binong juga dikenal dengan sebutan Situs Lebak Binong Parigi. Situs ini berada di lembah yang merupakan lahan persawahan. Situs Purba Parigi merupakan tinggalan budaya megalitik, berupa punden berundak dengan orientasi arah timur – barat. Terdapat lima teras yang semakin ke atas semakin kecil, dimana pada teras teratas terdapat dua batu nisan. 
Punden berundak adalah replica dari bentuk gunung. Pendukung budaya megalitik menganggap gunung sebagai tempat bersemayam arwah nenek moyang, sehingga dipandang sebagai tempat suci. Keberadaan punden berundak dalam proses persebaran kebudayaan megalitik digolongkan ke dalam kategori megalitik tua, yang diperkirakan berusia antara 2500 -1500 sebelum Masehi.

Situs Lebak Binong Parigi berada dititik koordinat 06, 49, 26 Lintang Selatan dan 106, 19,59 Bujur Timur serta ketinggian 381 m di atas permukaan laut. Tepatnya berada di Kampung Lebak Binong, Desa Hegarmanah Kecamatan Cibeber. 

Situs Parigi Lebak Binong merupakan situs berbentuk Punden berundak yang terjadi dalam proses persebaran budaya megalitik dan digolongkan ke dalam kategori megalitik tua, dari era 2500--1500 sebelum Masihi.

Di situs ini,terdapat pemisahan pemanfaatan lahan, pemanfaatan lahan tersebut terbagi pada beberapa tingkatan teras atau undakan. Teras gunungan tertinggi diduga merupakan lokasi yang disakralkan, karena terdapat beberapa symbol kepercayaan masyarakt terdahulu. Sedangkan teras ke lima berbentuk segi empat dengan ukuran kira-kra 9,5 X 8,5 meter yang dikelilingi benteng tatanan batu. Dipermukaan teras ini ditemukan 3 buah lumpang batu besar, 2 buah lumpang batu kecil, 1 buah batu pipisan, 2 buah gandik, dan 3 buah bau peluru. Adapun teras berikutnya, mirip seperti tangga yang menghubungkan antara teras utama yang paling tinggi yang bersifat sacral, dan teras-teras dibawahnya yang bersifat profan.


Post a Comment for "BANTEN MASA AWAL- TINGGALAN TRADISI MEGALITIK (SITUS PURBA PARIGI LEBAK BINONG)"