BAHAN, TEKNIK DAN PROSEDUR BERKARYA SENI RUPA

Alat dan Bahan Berkarya Seni Lukis

Dalam proses berkarya seni lukis memerlukan pemahaman tentang jenis, bahan, alat, teknik, dan prosedur berkarya.

  • Jenis dan Bahan Berkarya Seni Lukis
Media berkarya seni lukis meliputi bahan dan alat untuk melukis. Beragam pilihan alat, bahan, dan media digunakan sesuai jenis dan gaya karya yang diinginkan. Media berkaryaseni lukis sangat beragam tergantung dari teknik yang digunakan. 
 
a). Cat (pewarna) 
Bahan pewarna ini dibedakan berdasarkan basis pengencernya, yaitu:
  • Cat air (barbasis air)
Cat air, jenisnya ada 2 yaitu water colour yang bersifat transparan dan poster colour yang bersifat plakat. Bahan utama cat airberupa pigmen halus atau serbuk warna (dye) yang dicampur dengan gum arabic sebagai bahan baku, serta gliserin atau madu untuk menambah kekentalan dan daya rekat pigmen warna ke permukaanbidang gambar.

  •  Cat Minyak
Cat minyak yaitu cat warna yang terbuat dari pigmen warna yang dicampur denganmedia minyak. Berbeda dengancatairyangmudahcepatmengering, namun cat minyak membutuhkan waktu untuk pengeringannya. Cat minyak ini memberi efek cerah serta memberikan tesktur yang sangatbagus, kelemahan cat minyak ini pada aroma yang menyengat. Lukisan cat minyak medianya adalah kanvas. Cat minyak biasanya dikemas bentuk tube timah dalam bentuk pasta yang dalam pemakaiannya dicampur dengan lijn-olie sebagai pengencer.

  • Cat Akrilik
Cat akrilik terbuat dari plastik berbasis polietilen yang akan mengeras ketika kering. Berbagai macam pigmen kem ditambahkan kedalam emulsi polimer akrilik untuk mendapatkan berbagai warna catyang berbeda. Cat akrilik tersedia di toko dalam bentuk pasta dan dikemas dalam semacam tube. Berbagai bahan campuran ditambahkan ke cat akrilik sehingga diperoleh jenis cat dengan sifat berbeda. Cat akrilik menjadi lebih tebal, tipis dan cenderung kering dengan cepat. Setelahkering, cat akrilik sulit dihapus kecuali dengan menggunakan larutan alkohol khusus. Agar tidak mengurangi kualitas warna, cat akrilik dapat dicampur dengan air hingga maksimum 30%. Campuran air pada cat akrilik akan membuat tampilan cat akrilik tampak lebih lembut dan transparan. Pastikan Anda mengaplikasikan cat akrilik secepat mungkin karena sifat cat cepat mengering dan susah untuk menghapus atau mengubah warnanya.

 b. Alat dalam Berkarya Seni Lukis
  •  Kuas
Kuas merupakan alat yang digunakan untuk berkarya dengan medium seni lukis. Jenis dan bentuk kuas beragam dari bentuk, ukuran, serta harga yang sangat bervariasi. Pemilihan kuas tergantung dari jenis goresan yang kita inginkan. Jenis kuas yang pipih dan berujung lurus datar dipakai untuk bahan cat minyak, sedangkan kuas dengan bulu berbentuk bulat dan berujung runcing dipakai untuk bahan cat air.
  • Pisau Palet
Terbuat dari alumunium tipis, fungsinya adalah untuk mencampur cat seperti layaknya kuas jugauntuk membuat efek-efek goresanpada media lukis. Bentuknya danukurannya tersedia berbagai jenis, ada yang runcing, lebar, dan bulat. 
  • Palet
Palet adalah media yang digunakan untuk tempat mencampur cat.Palet memiliki berbagai jenis dan ukuran. Untukmediaseperti cat air, palet yang dipakai adalah yang ada lengkungan tempat air, sedangkan bentuk palet cat minyak berbentuk datar, ditambahkan lubang untuk pegangan.
  • Kanvas
Kanvas merupakan bahan media yang umum dipakai sebagaimedia dalam melukis, kanvasmenggunakan bahan linen ataubahan katun.

Post a Comment for "BAHAN, TEKNIK DAN PROSEDUR BERKARYA SENI RUPA "