BANTEN MASA AWAL - Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan

Di situs Cigeulis Desa Marapat Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang, ditemukan tinggalan sejarah berupa serut samping (side scrapper), kapak primbas (chopper), kapak penetak (chopping tool), serpihan batu rijang dan andesit yang sudah mengalami patinasi berwarna kuning. tinggalan dari situs cigeulis tersebut  merupakan gejala aktifitas kehidupan purba di Banten. Meskipun sampai kini penemuan fosil kerangka manusia prasejarah belum ditemukan fosilnya dari zaman pleistosen maupun awal Holosen di daerah Banten. Jika dibandingkan dengan situs prasejarah lain di Indonesia, situs Cigeulis memiliki ciri yang hampir serupa dengan situs sangiran (Jawa Tengah), Punung (Jawa Timur) dan Paroto (Sulawesi Selatan).  

Gambar Side Scrapper (Serut Samping)

Berdasarkan temuan dan persamaan cirinya tersebut, maka situs Cigeulis dikategorikan sebagai situs paleolitik, masa ketika manusia hidup berburu dan mengumpulkan makanan. Pada masa kini alat-alat keperluan hidup umumnya dibuat dari batu dengan cara pembuatan sederhana, sekedar untuk memenuhi kebutuhan tujuan pemakaiannya. Alat-alat batu tadi digunakan untuk pencarian dan pengolahan bahan makanan berupa daging binatang dan umbi-umbian. 

Gejala dari masa bercocok tanam muncul sekitar 6000 tahun SM. masa ini ditandai dengan penemuan baru oleh manusia berupa penguasaan sumber alam. Berbagai macam jenis tumbuhan dan hewan mulai dipelihara dan dijinakkan. masa bercocok tanam ditandai pula dengan cara hidup menetap di perkampungan yang didiami secara berkelompok oleh beberapa keluarga. Pada masa ini teknologi semakin maju dengan berkembangnya kemahiran membuat alat-alat batu dan mulai dikenalnya pembuatan gerabah. alat-alat batu yang umumnya dibuat berupa beliung atau kapak persegi dan kapak lonjong. Alat-alat batu yang telah dibuat dikenal dengan alat batu neolitik.

Di Banten, tinggalan berupa alat batu dari masa bercocok tanam ini ditemukan di dusun Nyawana, Desa Sukamenak kecamatan Cikeusal kabupaten Serang. Tinggalan dari masa ini berupa beliung persegi.

Selain itu di situs Odel yang berada di kampung Odel kecamatan Kasemen Kabupaten Serang ditemukan pula peninggalan prasejarah dari masa bercocok tanam Situs Odel pertama kali ditemukan tahun 1980 ketika Dinas Pekerjaan Umum melakukan perluasan irigasi sungai Cibanten hilir di kampung Odel. Sangat disayangkan kegiatan proyek irigasi tersebut telah mengakibatkan sebagian temuan masa prasejarah di situs Odel teraduk dan bercampur dengan artefak jaman Islam. Penemuan di situs ini yaitu alat serpih, bilah, batu inti, beliung persegi, fragmen keramik lokal dan manik-manik. 

Sumber: Ragam Pusaka Budaya Banten-Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten


Post a Comment for "BANTEN MASA AWAL - Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan"