Unsur-unsur Seni Tari
Unsur Tari
Terdapat 2 unsur penting di dalam tari, yaitu unsur utama dan unsur pendukung. Unsur utama tari adalah gerak, dan unsur pendukung tari adalah iringan tari, rias dan busana tari, tata pentas, tata cahaya dan tata suara, serta tema dalam tari.
- Unsur Utama Tari
Unsur tari terdiri dari unsur utama dan unsur pendukung. Unsur utama
dalam tari adalah gerak. Gerak dalam tari gerak terdiri dari aspek:
a) Ruang, yang dapat dimaknai sebagai ruang untuk menari ataupun ruang
yang dapat dibentuk oleh tubuh penari. Aspek ruang terbagi lagi
menjadi:
- Volume gerak, yang terbentuk dari luas, sedang, dan sempitnya ruang yang dibentuk oleh tubuh penari. Tarian yang memiliki karakterisasi berbeda akan mengekspresikan penggunaan volume gerak yang berbeda. Tokoh Rahwana akan menampilkan kecenderungan volume gerak yang luas, sedangkan tokoh Pamindo yang berkarakter lincah akan menampilkan kecenderungan volume gerak dengan volume gerak sedang luasnya.
- Level, yakni tinggi, sedang dan rendahnya sikap penari. Level dalam gerak tari dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu level tinggi, sedang, dan rendah. Dalam gerak tari, level tinggi menunjuk pada gerakangerakan yang mengarah ke garis vertikal, contohnya gerak melompat, menjinjitkan kaki, tangan cenderung mengarah ke atas. Sedangkan yang tergolong dalam gerak yang berlevel sedang menunjuk pada posisi penari yang bergerak dalam posisi berdiri secara lurus di atas pentas. Level rendah merupakan gerak yang dilakukan oleh penari dalam posisi yang rendah seperti merunduk, duduk, atau bahkan berguling di lantai pentas
- Pola lantai, yakni lintasan yang dibentuk saat penari melakukan gerak. Dapat ditunjukan dengan arah hadap, arah gerak seperti berputar, berpindah tempat (ke kiri-ke kanan, maju ataupun mundur).
b) Tenaga, yakni intensitas tenaga yang disalurkan melalui gerak tertentu
(kuat, sedang, dan lemah).
c) Waktu, berhubungan dengan rasa ritmis gerak (tempo, ritme, dll).
Unsur utama tari adalah gerak. Gerakan manusia berdasarkan
fungsinya dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu gerak bekerja,
gerak bermain dan gerak berkesenian (Amir Rochiatmo,1986). Gerak
bekerja merupakan gerak yang dilakukan oleh manusia untuk
memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, sebagai contoh misalnya gerak
menanam padi, memetik buah, mencuci, memulung, dan sebagainya.
Gerak bermain, yaitu gerak yang dilakukan untuk kepentingan
mempraktekkan ketrampilan-ketrampilan gerak sehari-hari yang
didalamnya sering dipandang kurang berfaedah. Di dalam gerak
bermain, jika melibatkan orang lain, fungsinya untuk menguatkan
kesenangan bagi pelakuknya. Gerak berkesenian, gerak yang dilakukan
untuk mengungkapkan pengalaman batin dan perasaan seseorang
dengan harapan untuk mendapatkan tanggapan orang lain.
Sehubungan dengan gerak dalam tari, Thraves dan Wiiliamson (1993:1)
menyatakan bahwa “These movement, necessary for living can be extended by
reguler practice into another dimension. They can become a dance”. Dalam
hal ini Thraves dan Williamson ingin menegaskan bahwa pada dasarnya tari
berasal dari gerak yang dimiliki oleh manusia yang dapat dikembangkan
menjadi suatu tarian. Sesuai dengan pendapat tersebut, John Martin (1989: 8)
menyatakan bahwa materi dasar dari tari adalah gerak.
Membedakan gerak tari dengan gerak lainnya maka dapat ditinjau dari
beberapa fungsi gerak yang dihasilkan oleh tubuh manusia. Menurut
fungsinya, gerak pada dasarnya dapat dibedakan antara gerak keseharian, gerak
olah raga, gerak bermain, gerak bekerja dan gerak dalam berkesenian. Tari
termasuk ke dalam gerak berkesenian, menurut Murgianto (1986: 22-23), gerak dalam kesenian termasuk gerak menari merupakan gerak yang dilakukan
untuk mengungkapkan pengalaman batin dan perasaan seseorang dengan
harapan untuk mendapat tanggapan orang lain.
Rusliana (1984: 6) menegaskan pula, dalam tari bukan merupakan gerak
keseharian, melainkan ungkapan sikap dan gerak yang telah mengalami proses atau
paduan dari sensabilitas, imajinatif, intelektualitas serta atas kesadaran nilai-nilai
estetis. Demikian pula Soedarsono (1997 81-82) yang mengatakan bahwa gerak tari
adalah gerak yang telah mengalami perombakan melalui proses distorsi atau stilasi
sehingga menjadi suatu gerakan yang indah dan mampu menyentuh perasaan
manusia. Menggiring pendapat tersebut, maka tari mempunyai substansi dasar
gerak. Gerak memiliki ruang, tenaga dan waktu sehingga menjadi bermakna dan
dapat dikomunikasikan melalui simbol-simbolnya.
Contoh:
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa gerak secara umum terbagi menjadi
dua yaitu: 1) gerak keseharian atau gerak yang dilakukan sehari-hari tanpa
memiliki unsur ruang, waktu dan tenaga, dan 2) gerak yang berirama, memiliki
aturan dan berekspresi yang disebut dengan gerak tari.
Gerak pada tari memiliki pesan, tujuan atau makna yang ingin
disampikan kepada penontonnya, namun apakah semua gerak tari memiliki
makna? Gerak dalam tari terbagi menjadi: 1) gerak maknawi (gesture) yaitu
gerak yang memiliki arti seperti gerak kupu-kupu terbang, gerak nelayan
menjala ikan, gerak petani mencangkul, dan 2) gerak murni (gerak yang tidak
memiliki makna). yaitu gerak yang diciptakan hanya untuk keindahannya saja,
misalnya gerak-gerak yang terdapat dalam tari jaipongan dan gerakan yang
dilakukan oleh para penari latar dan sebagainya.
Contoh:
Jika Anda telah paham tentang gerak sebagai elemen utama dalam dari tari, marilah kita lihat kembali deskripsi gerak dalam tari, bahwaa gerak dalam tari adalah gerak keseharian yang telah diberi sentuhan seni dan merupakan eksprasi jiwa manusia. Ada dua macam gerak di dalam tari, yaitu: 1) Gerak murni (pure movement), yaitu gerak yang diciptakan hanya untuk keindahannya saja, contohnya gerak-gerak dalam tari jaipongan, gerak sabetan (dalam tari Jawa), dan sebagainya. 2) Gerak maknawi (gesture), yaitu gerak yang mengandung arti, misalnya gerak menanam padi, burung terbang, ulapulap (dalam tari Jawa), gerak bermain, dan sebagainya.
Terdapat 2 fungsi gerak dalam tari yaitu: a) fungsi internal yaitu gerak
gerak yang mempunyai makna bagi diri penari. Hal ini dapat dilihat dari fungsi
gerakan tubuh bagi si penari, misalnya sebagai sarana ekspresi dalam
mengungkapkan kegembiraan atau kesenangan, seperti berbagai macam tarian
spontanitas pergaulan yang semata-mata sebagai partisipasi dalam
kelompoknya. Bahkan ada pendapat tari dapat bermula dari cara-cara yang
biasa dipakai manuasia untuk mengungkapkan emosi gerak keseharian.
Anak kecil bersenang-senang dengan ungkapan emosi gerak menari-nari,
seseorang tiba-tiba takjub mendengar berita yang menghebohkan,dan
sebagainya. Selain sebagai ungkapan kesenangan, fungsi gerakan dalam tari
juga sebagai upaya terapi, yaitu sebagai sejenis penyembuhan untuk membantu
dirinya agar memiliki kemampuan yang mendorong dirinya sendiri untuk
mengatasi masalah di dalam kehidupannya, serta membantu seseorang untuk
berkreasi dan berintegrasi dengan lingkungan sosialnya. Gerak tari sebagai
bagian dari terapi tidak ditonjolkan sebagai “seni Pertunjukan” yang dapat
dinikmati atau ditonton, tetapi lebih mementingkan arti terapi atau usaha
membantu penyembuhan (Hadi, 2005); b) Fungsi eksternal, yaitu gerak tari
yang dikategorikan sebagai peniruan dan ssimbol. Gerak tari peniruan sebagai
ungkapan ekspresi orang/penari terhadap lingkungannya. Sebagai contoh
misalnya, dalam tari berburu dari Papua, gerakannya menirukan binatang yang
akan diburu, tari Merak gerakan-gerakanntya merirukan keindahan bulu dan
kelincahan perilaku burung merak.
2. Unsur Pendukung Tari
a) Iringan Tari
Iringan di dalam tari memegang peranan penting, tari dan iringan
tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena keduanya berasal dari sumber
yang sama yaitu dorongan atau naluri ritmis. Seperti yang diungkapkan
Humphrey (1964: 132) bahwa pada dasarnya tari membutuhkan kehadiran
musik sebagai pendampingnya. Keterikatan tari dengan musik dinyatakan
Doubler (1985: 156) dalam kutipan “sebagai dorongan dinamik susunan ritmisnya, di samping kualitas-kualitas melodik dan harmonisnya, musik
adalah suatu yang terpenting dari semua partner tari”. Dari pernyataan tersebut
dapat digarisbawahi unsur ritme sebagai dasar penggerak kerjasama antar tari
dan musik.
Musik dalam tari dapat memberikan keselarasan, keserasian dan
keseimbangan yang dipadukan menjadi satu kesatuan yang hidup. Keselarasan
mengandung maksud antara jiwa dan melodi lagu dengan jiwa gerak-gerak tari
yang diiringinya selaras, sehingga penonton merasakan keindahan atau
kecocokan musikal melalui pendengaran. Keserasian mengandung maksud
kecocokan antara musik iringan dengan gerak tari melalui indera penglihatan
penonton dan penggarap seni itu sendiri, sedangkan keseimbangan
mengandung maksud kecocokan rasa musikalitas dengan yang diiringinya
yaitu tari (Jazuli, 2008: 10).
Melalui musik sebagai iringan tari ini pula pesan atau makna gerak yang
ingin disampaikan akan lebih komunikatif, sehingga tari tersebut mempunyai
jiwa atau roh dalam pengungkapannya. Dengan demikian, tari artinya ekspresi
jiwa yang diungkapkan melalui gerak, memiliki makna dan nilai estetis,
sehingga dapat menggugah penonton.
Fungsi iringan dalam tari dapat dilihat dari tujuan atau pesan yang ingin
disampaikan dalam tari, sehingga ada iringan tari yang berfungsi sebagai
pengiring tari, pendukung suasana dan pembuat ilustrasi tari. Fungsi iringan
tari sebagai pengiring tari dapat dilhat dari tari-tari tradisi atau kreasi yang
sudah berkembang, seperti tari Gambyong, tari Merak, tari Topeng Blantek,
tari Pakarena, tari Yospan, tari Serampang Dua Belas, dan tari lainnya. Fungsi
tari sebagai pendukung suasana, apabila tari tersebut memiliki tema tetentu,
misalnya tema percintaan, kematian, yang iringannya harus dibuat sedemikian
rupa agar penonton memiliki perasaan yang mendukung terhadap tema
tersebut. Sedangkan fungsi iringan tari sebagai ilustrasi, biasanya dapat dilihat
pada penari-penari latar, di mana gerak tarinya terkadang mengikuti iringan tari yang didengar atau dapat bertolak belakang tidak sesuai dengan iringan tari
yang sering disebut dengan off beat.
Ritme atau irama dalam iringan tari merupakan pengulangan bunyi
menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Misalnya lagu Sirih Kuning yang
dijadikan tari Cokek pada Tari Betawi terdapat gerak yang mengikuti
pengulangan pola irama. Biasanya irama keluar dari perasaan seseorang
sehubungan dengan apa yang dirasakan dan diekspresikan ke dalam gerak tari.
b) Rias dan Busana Tari
(1) Tata Rias
Tata rias secara umum dapat diartikan sebagai seni mengubah
penampilan wajah menjadi lebih sempurna. Pada dasarnya, tata rias bukan
sesuatu yang asing bagi semua orang, khususnya kaum wanita sebab tata
rias merupakan aspek untuk mendukung penampilan dan telah menjadi
kebiasaan sehari-hari. Rias di dalam tari bukan sekadar bertujuan untuk
menjadikan penari menjadi cantik atau ganteng. Tata rias tari mempunyai
beberapa fungsi yang benar-benar membantu pertunjukan karya tari menjadi
lebih baik.
Fungsi Tata Rias :
- Menyempurnakan penampilan wajah. Tata Rias bisa menyempurnakan kekurangan pada tampilan penari. Penyempurnaan wajah dilakukan pada penari yang tidak sesuai dengan karakter tari yang di bawakan.
- Membantu menunjukkan perwatakan atau karakter penari. Tata rias berfungsi melukiskan watak tarian dengan mengubah tampilan wajah penari menyangkut aspek usia, ras, bentuk wajah.
- Memberi efek gerak pada ekspresi wajah seorang penari diatas panggung, karena tampilan penari tampak datar ketika tertimpa cahaya lampu. Oleh karena itu dibutuhkan tata rias untuk menampilkan dimensi wajah penari.
- Memperjelas garis-garis wajah penari untuk mengekspresikan gerakgerak tari. Fungsi garis tidak sekedar menegaskan, tetapi juga menambahkan sehingga terbentuk tampilan yang berbeda dengan wajah asli pemain.
- Memberi nilai tambah keindahan karya tari. Dengan tata rias yang baik tentunya akan menambah keindahan karya tari yang ditampilkan. Anda dapat membayangkan apa jadinya jika sebuah tarian disajikan tanpa didukung dengan tata rias.
- Rias Hendaknya mencerminkan karakter tokoh/peran.
- Kerapian dan kebersihan rias perlu diperhatikan.
- Jelas garis-garis yang dikehendaki.
- Ketepatan pemakaian desain rias.
Tata rias dan tata busana berupakan unsur penunjang sajian tari yang
juga dianggap penting, karena fungsi tata rias adalah merubah karakter
pribadi ke dalam karakter tarian yang dibawakan, demikian pula dengan tata
busananya. Pada awalnya busana yang dikenakan oleh penari adalah
pakaian sehari-hari, pada perkembangannya, busana dalam tari dirancang
berdasarkan kebutuhan penyajian tari dan sesuai dengan budaya
masyarakat pendukungnya.
(2) Busana Tari
Tata busana tari merupakan unsur pendukung yang menentukan keindahan,
pemaknaan pada tari itu sendiri serta dapat menentukan karakter tari yang
dibwakan penari. Pada prinsipnya, busana tari harus enak dipakai, enak
dipandang, dan tidak mengganggu gerak penari. Unsur pendukung dalam
bentuk kostum atau busana tari ini biasanya memiliki filosofi dan
menggambarkan isi dari tari. Hal ini dapat dilihat dari warna kostum yang
digunakan, karena warna memiliki arti tersendiri seperti warna kuning yang
berarti keagungan, warna putih kesucian, dan seterus. Pada tari tradisi
kerakyatan biasanya warna-warna menyolok sering digunakan, dan pada
tari klasik lebih banyak menggunakan warna keemasn, perak, dan merah.
Warna pada kostum memiliki simbol-simbol tersendiri, begitu juga
ornamen yang terdapat dalam kostum, dan kekhasan atau ciri daerah yang
sering dijumpai pada tari-tari rakyat. Kostum tidak semata-mata digunakan
hanya untuk keindahan tetapi juga memiliki fungsi yang mendukung
terhadap karakter tari.
Fungsi Tata Busana :
- Memperjelas tema tari. Busana tari berfungsi untuk mendukung tema atau isi tari dan untuk memperjelas peranan-peranan dalam suatu sajian tari. Busana tari secara umum terdiri atas baju, celana, kain, selendang, ikat kepala, mahkota, dan lain-lain. Tata busana untuk keperluan pementasan tari biasanya dirancang khusus sesuai dengan tema tarinya.
- Membantu menghidupkan karakter dan peran penari. Artinya busana yang dikenakan penari sudah menunjukkan siapa dia sesungguhnya, umurnya, kebangsaannya, status sosialnya, kepribadiannya. Bahkan tata busana dapat menunjukkan hubungan psikologisnya penari dengan tarianya.
- Membantu ekspresi penari dalam melakukan gerak tari. Artinya penari harus dapat membawakan tari tanpa terganggu oleh busananya. Busana tidak harus dapat memberi bantuan kepada penari tetapi busana harus sanggup menambah efek visual gerak, menambah indah dan menyenangkan dilihat disetiap posisi yang diambil penari.
- Memberikan nilai tambah pada segi estetika dan etika. Tarian yang dibawakan dengan tata busana yang baik tentunya akan lebih indah dan menarik untuk disaksikan (Sumber: http://www.mikirbae.com/2016/03/unsur-unsur-pendukung-dalam-tari.html )
Pada penyajian tari akan lebih menarik untuk disaksikan apabila
didukung oleh tata busana yang baik. Oleh karena itu di dalam penataan dan
penggunaan busana tari hendaknya senantiasa mempertimbangkan hal hal
sebagai berikut:
- Busana tari hendaknya enak dipakai dan sedap dilihat oleh penonton
- Penggunaan busana selalu mempertimbangkan isi/tema sehingga dapat menghadirkan suatu kesatuan antara tari dan tata busana
- Penataan busana hendaknya dapat merangsang imajinasi penonton
- Desain busana harus memperhatikan gerak tari, agar tidak mengganggu penari saat bergerak.
- Busana sebaiknya dapat memberi gambaran atau karaktertari kepada penarinya.
- Keharmonisan dalam pemilihan atau perpaduan warna busana harus diperhatikan.
(3) Tata Pentas
Apapun bentuknya, suatu pertunjukan selalu memerlukan ruangan
guna menyelenggarakan. Ruangan tempat pertunjukan dengan sebutan
pentas, dapat berupa lapangan, pendapa, halaman pura atau gedung
pertunjukan yang sering disebut dengan stage, yang disebut dengan pentas
tertutup.
Pertunjukan tari tradisional di lingkungan rakyat biasanya dipentaskan
di lapangan terbuka, seperti bentuk pertunjukan reog Ponorogo, Jathilan,
tari-tarian di daerah pedalaman Kalimantan, Sulawesi, Papua dan
sebagainya. Sedangkan di kalangan istana di jawa biasanya tari
dipertunjukkan di pendapa yaitu suatu bangunan yang berbentuk joglo yang mempunyai 4 tiang penyangga atau saka guru. Pada tempat pertunjukan
seperti ini biasanya penonton dapat menyaksikan pertunjukan dari berbagai
arah. Sedangkan tari yang dipentaskan di gedung pertunjukan hanya dapat
dilihat dari satu arah penonton saja, misalnya di aula sekolah, dan
sebagainya.
Gambar 1.20 Contoh Panggung Arena / Pendapa
(4) Tata Cahaya dan Tata Suara
Jika kita menyaksikan suatu pertunjukan tari, maka unsur tata cahaya dan
tata suara akan selalu dibutuhkan, karena tata cahaya merupakan salah satu
pendukung sebuah tarian yang harus ada. Tata cahaya dapat berupa cahaya yang
berasal dari alam, misalnya siang hari dengan memanfaatkan cahaya matahari
seperti yang sering kita lihat pada tari-tari kerakyatan yang ditarikan di siang
hari, pertunjukkan Sendratari Ramayana di Prambanan yang memanfatkan
cahaya bulan purnama sebagai pendukung suasana pertunjukan. Tata cahaya
juga dapat dihasilkan dari alat baik yang tradisional seperti obor, api unggun dan sebagainya, maupun modern yaitu dari cahaya lampu listrik. Sedangkan tata
suara adalah pendukung pertunjukan yang berfungsi untuk membantu
memperbesar suara music iringan tari.
gambar 1.21 Contoh Penggunaan Tata Cahaya dalam Pertunjukan.
(5) Tema dalam Tari
Tema adalah pokok pikiran, gagasan atau ide dasar, yang biasanya
diungkapan dalam sebuah tarian, namun demikian ada pula tarian yang tidak
mempunyai tema. Suatu tarian yang bertema jika gerak-gerak yang ditata
mempunyai keterkaitan dengan tema yang ingin disampaikan oleh penari pada
penonton. Sumber tema yang dapat dijadikan karya tari, antara lain: pengalaman
hidup, kehidupan binatang, kejadian sehari-hari, cerita rakyat, legenda, sejarah,
upacara tradisional, karya sastra, permainan, dan sebagainya. Suatu tarian
dikategorikan tidak bertema jika gerak yang ditata semata-mata hanya
merupakan ungkapan emosional pribadi dan tidak memiliki tema, bahkan
cenderung pada gerak-gerak yang eksploratif.
Pembahasan ketiga merupakan teknik-teknik tari yang ada pada Tari
Tradisional dan Tari Non Tradisional. Di sini akan dijelaskan beberapa Teknik
dari Tari Tradisional dan Tari Non Tradisional. Materi ini akan membantu Anda dalam menjelaskan kepada anak didik tentang teknik-teknik yang ada di
dalam tari, baik Tari Tradisional maupun Tari Non Tradisional.
Post a Comment for "Unsur-unsur Seni Tari"
Kunjungi Juga :
FB. wisnu.natural
WA. 087722452802
IG. @wisnuwirandi