Aksi Nyata Meneguhkan diri Menjadi Agen Perubahan

 “Tujuan tanpa perencanaan hanyalah sebuah harapan”

                                                                        - Larry Elder

Mengacu pada definisinya, pendidikan adalah “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.” 

Dari definisi tersebut maka ada dua hal yang perlu diciptakan dalam proses pendidikan yakni (1) membangun suasana belajar dan (2) melakukan proses pembelajaran. Dalam konteks penguatan integritas pun, dua hal tersebut yang perlu dilakukan guru, yakni bagaimana “menciptakan suasana belajar yang berintegritas” dan “bagaimana melakukan proses penguatan integritas secara konsisten sehingga peserta didik memahami, menyadari dan meyakini, serta mengamalkan perilaku berintegritas dalam kehidupan nya”. 

Tujuan akhir dari penguatan integritas adalah peserta didik secara konsisten memiliki perilaku berintegritas di manapun, kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapun sepanjang hidupnya. Tidak berhenti sampai mereka memahami atau menyadari pentingnya integritas. Bahkan lebih dari itu, peserta didik diharapkan dapat mengamalkan dalam dirinya dan menjadi pelopor hidup berntegritas di lingkungan masyarakatnya. Upaya untuk mewujudkan suasana belajar dan melakukan proses pembelajaran tentu berbeda tiap jenjang pendidikan. Untuk memahami perbedaan penekanan pada tiap jenjang pendidikan, silahkan pelajari kembali tentang Prinsip Penguatan Integritas pada Pembelajaran sebelumnya.

LEBIH LENGKAPNYA, SILAHKAN DOWNLOAD MATERI DALAM BENTUK PDF >>DISINI<<


Post a Comment for "Aksi Nyata Meneguhkan diri Menjadi Agen Perubahan"