BANTEN MASA AWAL- TINGGALAN TRADISI MEGALITIK (Situs Sirit Gopar)

BANTEN MASA AWAL- TINGGALAN TRADISI MEGALITIK (Situs Sirit Gopar)
Gambar Batu Sirit Gopar

Balai Arkeologi Bandung tahun 2002 melakukan penelitian di lereng Gunung Pulosari pada ketinggian 600 mdpl, 1 km dari kampung Gombang, desa Cikoneng, kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang. Salah satu peninggalan paling menonjol di situs ini adalah menhir. menhir tersebut berukuran 85 cm berbentuk phallus atau setidaknya sangat jelas menggambarkan bentuk alat kelamin laki-laki. Masyarakat setempat menyebutkan dengan nama 'Sirit Gopar' (sirit dalam bahasa lokal erarti alat kelamin laki-laki). 

Sirit Gopar tampaknya dibuat melalui proses dengan cara pengurangan material batuan. bagian bawah menhir ini lebih kecil dan disekitarnya terdapat batu-batu kecil yang berfungsi seagai penyangga. 

Bentuk tinggalan yang serupa ditemukan juga di Sidomukti, Metro, Lampung Tengah. Peninggalan tersebut diduga merupakan sarana pemujaan. posisi batu yang dikenal dengan Menhir Sidomukti ini berada di atas teras berundak, menhir sidomukti tampak lebih sempurna menggambarkan alat kelamin laki-laki karena pengerjaannya tampak lebih halus dibandingkan dengan menhir sirit gopar.

Selain itu, di situs batu mayat Pugungharajo Lampung Timur juga ditemukan menhir dalam bentuk serupa. menhir tersebut berbentuk phallus berada di tengah-tengah batu yang melingkar dalam formasi temu gelang. Di antara batu penyusun dari susunan batu temu gelang tersebut ada sebuah batu bergores berbentuk huruf T. Menurut Soejono huruf T sesungguhnya menggambarkan alat kelamin wanita yang disamarkan. Perpaduan dua unsur phallus dan alat kelamin wanita diyakini sebagai lambang kesuburan. Diperkirakan ketika upacara pemujaan di lokasi tersebut berlangsung, pendukung kebudayaan yang bersangkutan memohon kepada arwah leluhur untuk diberikan kesuburan agar hasil panen melimpah.


Sumber: Ragam Pusaka Budaya Banten-(Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten

Post a Comment for "BANTEN MASA AWAL- TINGGALAN TRADISI MEGALITIK (Situs Sirit Gopar)"