BENTUK, TEMA DAN NILAI SENI DALAM SENI RUPA

Kegiatan Belajar ini akan dipelajari Bentuk, Tema, dan Nilai Estetis dalam Seni Rupa berdasarkan kajian ilmu seni dan teori filsafat seni agar pengorganisasian dan penyampaian pembelajaran seni rupa yang disampaikan mudah dipahami. Pokok-pokok materi yang akan Anda pelajari dalam Kegiatan Belajar 3 ditampilkan dalam bagan peta kompetensi di bawah ini. Bentuk, Tema dan Nilai Estetis pada karya seni rupa secara khusus akan membahas tentang Seni Murni (Seni Lukis dan Patung), Seni Terapan (Kriya Tekstil dan Desain Grafis), dan Seni Media Baru.

Pada pembahasan Kegiatan Belajar ini akan diuraikan unsur, bentuk‟ dan "isi‟ dalam karya seni yang merupakan representasi keutuhan sebuah karya seni. Sebuah karya seni adalah objek fisik yang memiliki wujud fisik supaya bisadirespon oleh seniman dan pengamatnya secara inderawi melalui indera penglihatan, pendengaran, penciuman dan perabaan. Objek fisik ini tidak secara otomatis menjadi karya seni. Faktor yang menentukan suatu „objek fisik‟ menjadi "objek estetik‟ adalah „nilai‟ yang berada di dalamnya. Suatu wujud atau objek fisik disebut bernilai seni apabila seniman dan pengamat meresponnya dengan "sikap estetik‟. Dengan mempelajari bentuk dan isi karya seni rupa Anda akan mengenali dan memahami makna sebuah tema dan nilai seni yang terkandung pada karya seni rupa.

Objek estetik suatu karya seni secara visual termanifestasikan dalam beragam media seni rupa yang didalamnya terdapat unsur-unsur rupa baik bersifat dua atau tiga dimensi. Sebagai contoh, seni lukis yang bersifat dua dimensi, medianya adalah cat minyak atau cat air atau cat akrilik. Sedang dalam seni patung yang bersifat tiga dimensi, medianya adalah kayu, batu, tanah liat, pasir, logam dan media alternatif lainnya.

Dalam mewujudkan karya seni, seorang seniman akan mengekspresikan unsur „isi‟ yang berupa gagasan, perasaannya, suasana hati, serta pemikirannya atau pesan kepada orang lain melalui unsur „bentuk‟ yang menampilkan gaya personal yang unik yang tervisualisasikan dalam komposisi garis, warna, tekstur, bidang dan struktur rupa tertentu. Dari paparan di atas terlihat bahwa tidak mungkin memisahkan antara unsur „bentuk‟ dan „isi‟. Bentuk seni adalah isi dari seni itu sendiri.

LEBIH LANJUT TENTANG MATERI DAPAT DILIHAT DAN DOWNLOAD >>DISINI<<

Post a Comment for "BENTUK, TEMA DAN NILAI SENI DALAM SENI RUPA"