KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21

 

Penyesuaian peran guru perlu dilakukan utamanya karena adanya perubahan karakteristik peserta didik generasi mileneal menjadi karakteristik generasi z, istilah yang mewakili generasi abad 21. Kita tentu sudah merasakan adanya perubahan-perubahan pembelajaran abad 21 meliputi perubahan pada pola
pembelajaran, perubahan orientasi kebutuhan, dan perubahan kebiasaan-kebiasaan belajar peserta didik abad 21. Nah, pada Modul 2 Kegiatan Belajar 1 bersama-sama kita pelajari lebih lanjut mengenai fenomena pembelajaran abad 21, karakteristik peserta didik abad 21, pengaruh perkembangan teknologi dalam pembelajaran abad 21, model-model pembelajaran potensial abad 21, dan peran guru dalam pembelajaran abad 21. Pada bagian akhir Saudara diperkenalkan dengan TPACK sebuah kerangka untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan tentang pedagogi, pengetahuan tentang konten, dan pengetahuan tentang teknologi. Saudara tentu sudah memiliki pengalaman terkait kemampuan pedagogi maupun penguasaan konten, namun di satu sisi abad 21 menawarkan teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mempertinggi mutu pembelajaran. Atas dasar itulah TPACK perlu dipelajari sehingga Saudara lebih siap dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. Mungkin Saudara bertanya, mengapa topic-topik di atas penting dipelajari oleh guru?

sebagai seorang guru yang mengabdi di abad 21 Anda terus akan menghadapi perubahan-perubahan cepat di dunia pendidikan akibat perkembangan teknologi. Perlu disadari teknologi dengan cepat akan merubah wajah pendidikan, serta menempatkan dunia pendidikan pada dua mata sisi uang. Sisi pertama, apakah para guru yang mengemban amanat di dunia pendidikan hanya sekedar menjadi penonton atau para guru menjadi pemain aktif yang menyajikan pembelajaran bermutu bagi kemaslahatan peserta didik dan membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Reigeluth (1983) telah meletakkan karakteristik peserta didik, karakteristik bidang studi dan tujuan pembelajaran sebagai pijakan utama dalam memanipulasi pembelajaran. Artinya dilihat dari sisi peserta didik saat ini karakteristiknya berbeda dengan karakteristik generasi milenial. Dilihat dari tujuan pembelajaran tentu memiliki orientasi-orientasi baru akibat perkembangan ilmu pengetahuan. Dilihat dari aspek karakteristik bidang studi tentu dipengaruhi pula oleh penemuan-penemuan baru. Perubahan-perubahan tersebut membawa konsekwensi adanya penyesuaian peran guru. Nah, sekarang tentu Saudara sudah mengerti mengapa karakteristik pembelajaran abad 21 dengan segala aspeknya perlu untuk dipelajari. Harapannya Saudara lebih siap untuk mengantisipasi perubahan, bahkan mampu mengembangkan orientasi-orientasi baru yang lebih visioner. Saudara memiliki peran strategis untuk membangun budaya belajar generasi muda Indonesia dengan meningkatkan peran Saudara sebagai guru abad 21. Marilah peserta didik kita dorong mampu menjadi subyek aktif yang memproduksi pengetahuan dan bukan sekedar menjadi objek pasif yang menjadi konsumen pengetahuan.

SILAHKAN DOWLOAD MATERI LENGKAP DALAM BENTUK PDF >>DISINI<<


Post a Comment for "KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN ABAD 21"