PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN ESTETIKA MUSIK

Elemen dasar estetika terdiri atas objek estetis, subjek estetis dan nilai estetis. Menurut Deni Junaedi (2016) objek estetis adalah aspek yang diamati maupun diciptakan seseorang. Subjek estetis merupakan spektator yang mengamati atau kreator yang membuat objek estetis. Ketika berhadapan dengan objek estetis, subjek akan mengalami pengalaman tertentu. Pengalaman yang dirasakan oleh spectator saat mencermati objek estetis disebut “pengalaman estetis”.

Nilai estetis ialah tolok ukur yang digunakan subjek untuk menimbang keindahan atau kejelekan, maupun ketertarikan atau ketidaktertarikan, pada suatu objek.

Estetika berasal dari bahasa Yunani yaitu aisthetikos yang berarti memahami melalui pengamatan inderawi. Kata estetika yang dalam bahasa Inggris ditulis aesthethics atau kadang juga ditulis esthetics memiliki akar kata aesthesis yang berarti ‘perasaan’ maupun ‘persepsi’.

Di masa awal, estetika merupakan anak filsafat dan pada perkembangannya ia menjadi bidang multidisiplin, namun pada akhirnya estetika lebih memperhatikan karya seni ketimbang alam. Hal ini menunjukkan hubungan erat antara estetika dengan seni.

Ruang lingkup estetika pertama adalah seniman, yaitu orang yang kreatif, inovatif atau mahir di dalam bidang seni. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik. Seniman adalah individu yang memahami gagasan tentang seni. Seniman didefiniskan oleh Deni Junaedi sebagai creator yang secara intensif mengisi kehidupannya dengan penciptaan objek estetis.

Ruang lingkup kedua adalah hakikat seni, bahwa seni adalah fenomena yang kompleks, karena berbicara tentang seni tidak dapat lepas dari penciptanya atau senimannya. Disamping itu tidak dapat lepas dari unsur-unsur seni itu sendiri, tidak bisa lepas dari publik seninya dan tentu saja dari keindahan hasil seni itu sendiri. Menurut Aristoteles seni berarti kemampuan untuk membuat atau mengerjakan sesuatu.

Ruang lingkup ketiga adalah penikmat seni, tidak kalah pentingnya di dalam sebuah karya seni, karena merekalah yang dapa menentukan bahwa sebuah karya itu mengandung nilai estetis atau tidak.

LEBIH LANJUT TENTANG PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN ESTTIKA MUSIK SILAHKAN DIDOWNLOAD BENTUK PDF >>DISINI<<


Post a Comment for "PEMBELAJARAN DAN PENGETAHUAN ESTETIKA MUSIK"