PEMBELAJARAN INOVATIF

 

Ada banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran STEAM. Salah satu model yang sering digunakan guru adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Oleh karena itu pada kegiatan pembelajaran 1 modul 3 ini, Saudara juga akan diajak mempelajari bagaimana langkah penerapan model tersebut secara operasional ke dalam pembelajaran STEAM. Untuk memudahkan Anda dalam memahami penerapan pembelajaran STEAM, dalam kegiatan pembelajaran 1 ini akan diberikan contoh terkait desain pembelajaran STEAM menggunakan model Problem Based Learning dan Project Based Learning.

Saudara mahasiswa, perlu Anda ketahui bahwa pentingnya penerapan pembelajaran STEAM di berbagai level pendidikan bermula dari tantangan dunia kerja di abad 21 ini yang membutuhkan kualitas sumber daya manusia di bidang STEAM. Pekerjaan-pekerjaan saat ini dan di masa yang akan datang membutuhkan pemahaman dan keterampilan di bidang STEAM mulai dari memahami diagnosis medis, mengevaluasi perkembangan gaya hidup dan lingkungan, hingga mengelola kegiatan sehari-hari dengan beragam aplikasi berbasis komputer. Dalam bidang seni misalnya, pekerjaan seperti membuat alat musik juga perlu menerapkan STEAM agar dapat menghasilkan alat musik sesuai yang diharapkan. Pembuat alat musik perlu menguasai sains agar dapat menghasilkan alat musik yang berirama; perlu menguasai teknologi tentang cara membuat alat musik; perlu menguasai teknik mengatur tangga nada; perlu menguasai seni keindahan musik untuk dapat menghasilkan tangga nada yang benar; dan perlu mengusai matematika untuk dapat menghitung harga material sebuah alat musik. Saudara Mahasiswa, seiring dengan perkembangan jaman, tren kehidupan masyarakat pun berkembang menuju ke tingkatan STEAM yang lebih tinggi.

Pembelajaran STEAM ini dikaji dengan tujuan; Saudara mahasiswa sebagai guru nantinya akan dapat menggunakan pendekatan pedagogi yang mampu memadukan ilmu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika yang sesuai tantangan dunia kerja di abad 21. Dengan menguasai pembelajaran inovatif STEAM diharapkan Saudara mahasiswa sebagai guru akan mampu menghantarkan peserta didik untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi secara kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif sesuai tuntutan dunia kerja abad 21. Dengan demikian, kualitas proses pembelajaran yang Saudara mahasiswa lakukan nantinya dapat terus ditingkatkan sesuai tuntutan perkembangan jaman.

SILAHKAN DOWNLOAD MATERI PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM PDF>>DISINI<<


Post a Comment for "PEMBELAJARAN INOVATIF"