PEMBELAJARAN PENGETAHUAN ESTETIKA TARI

Mengamati objek merupakan kegiatan yang biasa kitalakukan. Banyak sekali pertanyaan yang ada dibenak ketika kita sebagai seorang guru dihadapkan pada persoalan estetika tari dalam konteks pembelajaran. misalnya program pembelajaran yang bagaimana yang harus menjadi pengalaman siswa yang efektif dan efisien? Bagaimana cara capaian yang akan dihasilkan dalam hal kompetensi siswa? mengapa pembelajaran tari harus menarik? Faktor-faktor apa saja yang harus menjadi pertimbangan? bagaimana cara membuat tari yang menarik? bagaimana cara menemukan kelebihan atau kekurangan tari yang dilihat? Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab apabila seseorang menguasai konsep dan prinsip-prinsip estetika yang penerapannya dapat digunakan untuk menikmati tari, mengkritisi tari bahkan untuk membuat karya tari. Karena dengan menguasai konsep dan prinsip-prinsip estetika seseorang akan mengetahui tentang apa keindahan, mengapa indah dan bagaimana cara menemukan bahkan menciptakan keindahan karya seni dan tari.

Pada materi ini, kegiatan pembelajaran diharapkan tidak hanya dapat memberikan wawasan tentang estetika namun juga para guru dapat menganalisis 4 rumpun model pembelajaran dari Bruce Joyce and Marsha Weil (model pemrosesan informasi, interaksi sosial, personal, dan prilaku) serta mampu mengimplementasikan beberapa model dari setiap rumpun pada pembelajaran tari dengan materi estetika tari.

Pokok bahasan kali ini, akan memfokuskan kepada Model Pembelajaran yang cocok dalam mata pelajaran Seni Budaya pada materi Seni Tari dan Unsur-unsur Estetika dalam tari. Manfaatnya jika Anda menguasai materi ini, Anda akan dapat menjadi seorang pendidik yang mampu memilih dan menerapkan model pembelajaran mana yang cocok untuk mata pelajaran seni budaya khususnya pada materi seni tari, serta mampu menjelaskan unsur-unsur estetika yang ada pada tari. Oleh karena itu, kegiatan belajar tidak hanya difokuskan kepada membaca materi yang telah disediakan, tetapi Anda juga harus aktif memgamati dan mengkritisi materi tari video yang disediakan, mengerjakan tugas dan tes formatif dalam kegiatan belajar 4 ini.

SILAHKAN DOWNLOAD MATERI PEMBELAJARAN PENGETAHUAN ESTETIKA TARI DALAM BENTUK PDF >>DISINI<<


Post a Comment for "PEMBELAJARAN PENGETAHUAN ESTETIKA TARI"