POTRET GURU BERINTEGRITAS

Selamat! Anda telah memilih profesi guru. Jalan yang anda tempuh sampai pada posisi sekarang sangatlah berbeda-beda. Ada yang menjadi guru karena panggilan jiwa, ada yang memang cita-cita, tapi ada pula yang terjerumus secara tidak terduga. Manapun jalan yang dilalui, itu semua kehendak Yang Maha Kuasa, anda dipanggil untuk menjadi guru. Hidup anda ke depan, akan dilalui sebagai guru. Apakah anda akan mengisi hidup dengan penuh kebahagiaan? Atau biasa saja sebagaimana bekerja dan mendapat upah? Dua keadaan ini bukan takdir, melainkan pilihan yang sepenuhnya, berada di tangan anda. Tidak ditentukan orang lain. Berikut adalah jalan mudah untuk menjadi guru sejati, yakni menjadi guru yang berintegritas. 

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, mem-bimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pen didikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Inilah definisi guru dalam lembar-lembar peraturan. Pada modul ini, kita mengesampingkan dulu definisi itu, marilah kita menukik jauh ke dalam diri untuk merenungi hakikat guru. 

Kata “guru” berasal dari bahasa Sansekerta. “GU” berarti gelap, dan “RU” berarti membawa terang atau mengusir kegelapan. Berarti, secara maknawi, Guru adalah orang yang senantiasa memerangi kegelapan dan membawa terang. Semakin gelap suasana di sekitarnya, semakin bermakna kehadirannya. Jika seorang guru memilih bertahan dalam suasana yang sudah terang, maka lama kelamaan eksistensinya menjadi hilang. Untuk itu, setelah selesai menerangi yang gelap, carilah situasi yang lebih gelap, karena di sanalah kehadiran anda ditunggu dan memberi makna.

SILAHKAN DOWNLOAD FILE PDF NYA TENTANG MATERI POTRET GURU BERINTEGRITAS >>DISINI<<

Post a Comment for "POTRET GURU BERINTEGRITAS"