RAGAM GERAK, MUSIK IRINGAN TARI, LEVEL, DAN POLA LANTAI DALAM TARI

Pada kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari tentang ragam gerak, iringan tari, level dan pola lantai dalam tari. Pada pertemuaan kali ini, akan dibahas mengenai ragam gerak, musik iringan tari, level, dan pola lantai dalam tari. Setelah menguasai kompetensi tersebut guru diharapkan mampu membimbing anak mengapresiasi tari, mampu menumbuhkan daya cipta dengan tari, serta dapat menumbuhkan sikap kreatif dan apresiatifnya. Oleh karena itu, kegiatan belajar tidak hanya difokuskan kepada membaca materi yang telah disediakan, tetapi Anda juga harus aktif memgamati dan mengkritisi materi tari video yang disediakan, mencoba menemukan cara dalam praktik pembelajarannya yang menarik, serta mengerjakan tugas dan tes formatif dalam kegiatan belajar ini. 

Melalui materi pada modul ini kemampuan yang harus dikuasai tidak hanya pada penguasaan tekstual pada materi yang disajikan, namun bagaimana guru dapat mempraktikan secara kontekstual baik melalui pengalaman secara empiris dalam berkreasi dan berapresiasi seni tari juga mampu mengembangkan praktik pembelajaran yang inovatif untuk menumbuhkan kemampuan siswa secara komprehensif tentang seni tari khususnya mengenai mengenai ragam gerak, musik iringan tari, level, dan pola lantai dalam tari.

Telah kita pelajarai bersama pada Kegiatan Belajar sebelumnya bahwa tari di Indonesia mempunyai berbagai jenis, baik ditinjau dari bentuk garapan, fungsi, jumlah penari. Masing-masing daerah di Indonesia berkembang berbagai bentuk tari, dan di setiap daerah mempunyai gaya tari yang berbeda. Teknik dalam tari berkaitan dengan melakukan gerak dan penguasaan gaya dalam tari tersebut. Gaya dalam tari sering kita sebut dengan style, yaitu bentuk yang tersusun dari simbol-simbol, bentuk-bentuk (form) dan orientasi-orientasi nilai yang mendasarinya, sehingga gaya menandai identitas dan keseluruhan ciri yang komplek yang dijadikan dasar bagi seseorang (Royce, 1975 : 54). 

Teknik gaya tari tradisional berhubungan dengan gerak individu yang dapat diungkapkan dalam gaya menari bagi masing-masing penari. Pada tari tradisional, setiap daerah mempunyai keunikan gerak yang mendasari ciri tari daerah. 

DOWNLOAD MATERI LENGKAP DALAM BENTUK PDF MATERI RAGAM GERAK, MUSIK IRINGAN TARI, LEVEL, DAN POLA LANTAI DALAM TARI >>DISINI<<


Post a Comment for "RAGAM GERAK, MUSIK IRINGAN TARI, LEVEL, DAN POLA LANTAI DALAM TARI"