Snobisme Adalah 'Penyakit' Dalam Dunia Seni


Halo Sahabat Budaya! Selamat datang kembali di konten Aksara Buydaya. Tahukan sahabat Snobisme? atau mungkin sahabat pernah mendengar istilah Snobisme? ternyata dalam dunia seni, orang seperti itu adalah 'Penyakit' loh.. bagaimana peran seorang Snob dalam dunia seni? mari kita bahas! 

Snobobisme sering disebut juga sebagai ‘penyakit’ umum dalam dunia kesenian. Seorang Snob bergaul dengan kesenian, karya seni dan seniman, lebih untuk kepentingan gengsinya dari pada hikmah seni itu sendiri. Walau seorang Snob tidak menikmati atau menghargai suatu karya seni, bahkan memahami pun tidak, dia akan berpura-pura sangat antusias dengan karya seni itu dan biasanya berbicara banyak tentangnya. Tentu saja pembicaraannya lebih banyak mengutip pendapat orang lain atau kritikus yang berwibawa.

Snobisme merupakan penyakit karena merugikan berbagai pihak, yang akhirnya merugikan kesenian secara keseluruhan. Seorang Snob merugi, karena dia tidak mendapat apa-apa dari pergaulannya dengan karya seni. Nilai-nilai yang seharusnya memperkaya pribadinya lolos semua. Diapun akan merugikan seniman, terutama seniman muda. Karena antusiasme yang tidak beralasan tentang karya-karya seorang seniman, maka seniman itu akan keliru menilai dirinya. Kekeliruan ini menganggu proses kreatif seniman itu di masa-masa selanjutnya. Karena prilaku dan kata-katanya, seorang Snob dapat pula menyesatkan kaum awam yang seharusnya mendapat bimbingan dari mereka yang memiliki paresiasi yang sebenarnya di dalam mendapatkan hikmah dari karya-karya seni.

 

Post a Comment for "Snobisme Adalah 'Penyakit' Dalam Dunia Seni"