STRATEGI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN

 

Salah satu kemampuan dan tantangan guru abad 21 yang penting adalah kemampuan beradaptasi (adaptability), memahami disiplin ilmu dari berbagai konteks, dan peka terhadap perkembangan kebutuhan peserta didik dan masyarakat. Guru harus memiliki daya inovasi dan kreatifitas yang tinggi dalam memformulasikan, mengkonstruk, menyusun, memodifikasi dan menyajikan informasi agar mudah dipahami sebagai suatu pengetahuan. Mengapa demikian?

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memerlukan penyesuaian peran dan peningkatan kompetensi guru. Banyak negara melakukan reformasi terhadap tujuan dan praktek pendidikan akibat pengaruh perkembangan TIK dalam berbagai bentuk inovasi pendidikan. Harapan terbesar dari inovasi adalah kemauan guru untuk secara sadar mau meningkatkan profesionalisme diri secara berkelanjutan sehingga semakin mempertinggi mutu pengalaman belajar peserta didik. Guru memiliki peran utama bukan sekedar melaksanakan reformasi pendidikan, namun harus terlibat dalam merumuskan konsep dan desain reformasi pendidikan yang diperlukan. Guru abad 21 perlu bertindak akademis dan mampu mengambil keputusan-keputusan pedagogis saat melaksanakan tugas utama. Kemampuan guru ini harus terus dipelihara dan berkembang secara akumulatif memanfaatkan pengalaman sebelumnya.

Guru perlu meletakkan “life long education” sebagai paradigm dalam beraktifitas menjalankan profesinya. Guru adalah seorang professional dan agen pembaharuan seharusnya tidak menunggu tawaran pihak luar dalam upaya melakukan pengembangan diri. Saudara harus menjadi subyek aktif yang terus belajar, bukan membiasakan belajar karena adanya kontrol struktural yang hadir. Hal demikian justeru menyebabkan diskontinyu. Pengembangan profesi berkelanjutan bermakna adanya aktifitas belajar seorang profesional dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dirinya secara aktif dan penuh kesadaran dan bersifat terus menerus.

SILAHAKAN UNTUK MATERI LENGKAP NYADAPAT DI DOWNLOAD >>DISINI<<



Post a Comment for "STRATEGI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN"