TEATER TRADISIONAL, MODERN, DAN KONTEMPORER

Teater tradisi muncul dan berkembang di daerah-daerah tertentu dengan mengusung ciri khas daerah tersebut. Ciri khas kedaerahan terletak pada suasana yang berlangsung selama pertunjukan,stilisasi elemen-elemen pendukung pertunjukan, serta sistem pelatihan yang dihasilkan dari sistem berguru atau
nyantrik. Pertunjukan teater daerah sering dianggap sebagai teater total karena terbentuk dari paduan berbagai elemen seni pendukung, misalnya tarian, nyanyian, dan akting serta diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat serta pribadi-pribadi. Teater tradisi yang menjadi salah satu bentuk ungkap kehendak masyarakat memiliki fungsi sebagai berikut. Pertama, sebagai alat pendidikan anggota
masyarakat pemilik cerita lisan tersebut. Kedua, sebagai alat penebal perasaan solidaritas kolektif. Ketiga, sebagai alat seseorang menegur orang lain yang melakukan kesalahan. Keempat, sebagai alat protes terhadap ketidakadilan. Kelima, sebagai kesempatan seseorang melarikan diri untuk sementara dari kehidupan nyata yang membosankan ke dunia khayalan yang indah. Teater tradisi merupakan hasil kreativitas dan kebersamaan suatu kelompok sosial yang berakar dari budaya setempat, misalnya dongeng, pantun, syair, tari, dan musik (Wijaya, 2007:25).

Kegiatan berteater dalam kehidupan masyarakat dan budaya Indonesia bukan merupakan sesuatu yang asing, bahkan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Kegiatan teater dapat kita lihat dalam peristiwa-peristiwa ritual keagamaan,tingkat-tingkat hidup, siklus hidup (kelahiran, pertumbuhan dan kematian), juga hiburan. Setiap daerah mempunyai keunikan dan kekhasan dalam tata cara penyampaiannya.

Untuk mempermudahAnda dalam belajar, mohon perhatikan hal-hal berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan pada modul ini agar Anda benar-benar memahami keterkaitan materi yang dibahas pada setiap bagiannya, untuk kemudian dapat menyimpulkan secara garis besar inti materi dan tujuan pembelajaran sehingga mengetahui kemampuan yang diharapkan dalam modul ini. Selanjutnya, pelajarilah bagian demi bagian dari modul ini.Temukan kata-kata kunci dan berilah tanda agar memudahkan Anda dalam mempelajarinya. Jika masih belum paham, baca dan pelajari sekali lagi agar Anda lebih mengerti.Selesaikan dengan tuntas latihan dan tes formatif yang telah tersedia dalam setiap kegiatan belajar. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman Anda terhadap materi yang telah dipelajari, dan usahakan tidak melihat kunci jawaban.Jika masih kurang paham, manfaatkan pertemuan dengan tutor serta teman sejawat untuk mendiskusikan dan mempraktikkannya.

SILAHKAN DOWNLOAD MATERI LENGKAP TEATER TRADISIONAL, MODERN, DAN KONTEMPORER >>DISINI<<


Post a Comment for "TEATER TRADISIONAL, MODERN, DAN KONTEMPORER"