TEKNIK DASAR DAN FORMAT BERNYANYI

Para pebelajar sekalian, sikap dasar dalam bernyanyi adalah sikap tubuh. Ini sangat penting diketahui, karena dengan sikap yang benar kita dapat bernyanyi dengan rileks. Tahukah Anda apabila posisi badan yang tegang akan menyebabkan cepat keletihan setelah bernyanyi. Ada tiga (3) keuntungan kalau kita bernyanyi dengan sikap yang tepat yakni: pertama, kalau menarik napas akan lebih mudah; kedua, rasa tegang dan kaku akan berkurang; dan ketiga, bernyanyi menjadi lebih tenang tidak melelahkan.

Mari, sekarang memperhatikan sikap tubuh kita. Sikap tubuh yang benar adalah dengan cara mengangkat tulang rusuk, posisi disini adalah memungkinkan paru-paru berkembang lebih besar dan mengontrol pernapasan. Tanpa sikap tubuh yang tepat, otot-otot yang mempengaruhi produksi suara harus bekerja keras untuk mempertahankan posisi badan. Cara ini akan dapat menurunkan kualitas suara. Selain itu, penyanyi yang kurang memperhatikan postur tubuh akan lebih mudah lelah karena menghabiskan tenaga untuk menjaga keseimbangan waktu bernyanyi. Bahkan penyanyi yang sudah profesionalpun kadang-kadang masih harus diingatkan untuk memperhatikan postur tubuhnya waktu bernyanyi.

Sebelum bernyanyi, beberapa jenis latihan fisik ringan dapat menyelaraskan tubuh dan memberikan anda kesadaran yang lebih baik akan posisi kepala, bahu, dada dan lutut.

LEBIH LANJUT TENTANG TEKNIK DASAR BERNYANYI DAPAT DI DOWNLOAD >>DISINI<<


Post a Comment for "TEKNIK DASAR DAN FORMAT BERNYANYI"