Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memahami Kisi-Kisi Soal Pretes PPG 2022



Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca kisi-kisi soal Pretes PPG Tahun 2022. Sahabat budaya perlu membaca dengan teliti. 

Dalam kisi-kisi soal terdapat 3 kategori bentuk soal yang disajikan, pertama tes Penjaringan bakat dan Minat, kedua Tes Potensi Akademik, ketiga Tes Pedagogik, ke empat Tes Mapel Keahlian (Profesional).

Tes bakat dan minat merupakan  serangkaian tes dalam seleksi akademik atau pretes ppg yang menggambarkan keterampilan kognitif, karakteristik minat serta kepribadian guru dalam bidang pendidikan. Penjaringan bakat dan minat terdiri sub kompetensi bakat dan minat. 

Dalam sub kompetensi bakat seorang guru akan diukur intelegensinya untuk memberikan gambaran umum tentang kemampuan kognitif pada guru tersebutSedangkan sub kompetensi minat merupakan serangkaian tes yang bertujuan untuk mengukur  kecenderungan atau minat guru dalam bidang pendidikan. 

Berikut ini kisi-kisi khusus untuk tes bakat dan minat:
Contoh Soal Penjaringan Bakat dan Minat:

Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilannya. Apa tanggapan anda bila menerima tugas seperti ini?

a.Hanya bekerja bila sesuai dengan pendidikan dan keterampilan saya
b.Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja saya
c.Saya akan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa itu sebenarnya berada diluar bidang ilmu dan keterampilan saya
d.Saya akan menjalankan sepenuhnya sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannya
e.Menjalankan tugas dan mengagap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti

Tes potensi akademik merupakan salah satu bentuk soal dalam pretes PPG yang bertujuan untuk mengukur kecerdasan intelektual guru. Aspek yang dinilai dalam TPA pretes ppg antara lain: verbal, numeric, dan vigural. 

Berikut ini kisi-kisi khusus Tes Potensi Akademik:

Profesionalisme soerang guru tidak terlepas dari kompetensi pedagogik yang dimiliki. Kompetensi pedagogik merupakan keterampilan guru untuk mengelola pembelajaran. Kompetensi Pedagogik yang diujikan dalam pretes PPG antara lain:
  1. Merencanakan pembelajaran
  2. Melaksanakan pembelajaran
  3. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran
Kisi-kisi soal pada kompetensi mapel atau keahlian (Profesional) dalam pretes PPG disesuikan dengan bidang studi atau mata pelajaran yang guru ampu. Komponen keahlian ini bertujuan untuk mengukur penguasaan terhadap materi khususnya advance material pada mapel/keahliah yang guru ampu.

Demikianlah hal-hal yang harus diperhatikan dalam memahami kisi-kisi Pretes PPG 2022. Selamat Belajar ! Semoga Berhasil!



Post a Comment for "Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memahami Kisi-Kisi Soal Pretes PPG 2022 "